MPPL A - Tugas 1

Nama    : Ahmad Syafiq Aqil Wafi
NRP      : 05111940000089
Kelas    : MPPL A 2021

Selamat hari baru dan sehat semua. Pada kesempatan ini saya akan menuliskan hal - hal yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan Tugas 1 dari kelas MPPL A.

1. Bergabung di Situs Project

Untuk situs project, saya memilih situs yang direkomendasikan yaitu https://projects.co.id. Dengan melakukan registrasi dan memenuhi form field yang ditentukan saya berhasil terdaftar pada situs tersebut dan mendapatkan izin untuk memasang bid pada project yang saya inginkan.

Dapat dilihat bahwa akun saya terdaftar dengan username syafiqjos.

Preview setelah pendaftaran pada projects.co.id
Preview setelah pendaftaran pada projects.co.id

2. Memilih project dalam Website tersebut

Terdapat project menarik mengenai perbaikan website company profile yang terdaftar pada website projects.co.id. Berikut adalah rinciannya.


1. Skill Requirement
1. Skill Requirement

2. Rincian yang perlu dilakukan
2. Rincian yang perlu dilakukan

3. Informasi Project Owner
3. Informasi Project Owner

3. Skill yang dibutuhkan

Berdasarkan Skill Requirement diatas, meninjau dari kemampuan saya, kurang lebih hal yang saya bisa dan tidak bisa adalah sebagai berikut.

1. Vue.js [bisa]
2. Nuxt.js [belum bisa]
3. Next.js [belum bisa]
4. Tailwind CSS [bisa]
5. Mongo DB [bisa]
6. Nodejs [bisa]
7. Wordpress [belum bisa]
8. Github [bisa]

4. Skill yang disanggupi

Berikut merupakan keterangan kemampuan dan pengalaman saya untuk menimbang dalam pengambilan project ini.

Vue.js : Saya pernah belajar sebelumnya, mengenai basic, component dan yang lainnya. Meskipun jika ada hal yang belum saya bisa, setidaknya saya bisa memahami masalah yang harus diselesaikan nanti.

Tailwind CSS : Saya pernah menyelesaikan suatu project pribadi menggunakan Tailwind CSS, jika ada masalah dapat langsung menuju dokumentasi resmi dari Tailwind CSS di website berikut.
Tailwind CSS Documentation : https://tailwindcss.com/docs

Mongo DB : Saya pernah mengotak - atik Mongo DB menggunakan Mongo DB Atlas. Meskipun begitu saya masih kurang terbiasa dengannya. Setidaknya saya mengerti cara menggunakannya.

Nodejs : Dalam project yang pernah saya lakukan seringkali saya menggunakan Nodejs untuk melakukan installasi package yang sesuai dengan project yang saya kerjakan.

Github : Saya selalu menggunakan github sebagai website cloud version control saya yang menggunakan git. Jika berkenan boleh sekali untuk mengunjungi github saya.
Github Syafiqjos : https://github.com/syafiqjos

5. Roadmap Belajar

Untuk dapat mengambil project ini saya perlu mempelajari Nuxt.js, Next.js dan Wordpress.

Jika saya boleh menebak urutan kesulitan dan kerumitan dari hal yang tidak saya bisa ini, saya akan mengurutkannya berdasarkan jumlah yang pernah saya dengar dari skill tersebut yaitu Wordpress, Next.js dan Nuxt.js.

Saya sering mendengar Wordpress jadi mungkin akan lebih mudah untuk belajar Wordpress terlebih dahulu. Ketika saya browsing dan searching saya menemukan tutorial yang mungkin bisa saya coba.

Selanjutnya yang pernah saya dengar adalah Next.js. Jadi untuk selanjutnya Next.js saya akan pelajari library ini. Saya menemukan website resmi dari Next.js berikut dan tutorial youtube.

Saya belum pernah mendengar Nuxt.js untuk itu mungkin saya harus melakukan research mengenai library/framework ini terlebih dahulu. Baru kemudian mencari tutorial mengenai Nuxt.js dengan cara mengikutinya dan mengimplementasikannya.

Penutup

Demikianlah pendaftaran situs project, project menarik dan skill - skill yang diperlukan untuk menjalankannya. Terima kasih banyak. Semoga sehat selalu.

Nama    : Ahmad Syafiq Aqil Wafi
NRP      : 05111940000089
Kelas    : MPPL A 2021

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPPL A - ETS Case Study

MPPL A - Tugas 5

MPPL A - Tugas 8