MPPL A - Tugas 3
Nama : Zydhan Linnar Putra
NRP : 05111940000118
Kelas : MPPL A 2021
Nama : Ahmad Syafiq Aqil Wafi
NRP : 05111940000089
Kelas : MPPL A 2021
Selamat hari baru dan sehat semua. Pada kesempatan ini kami akan menuliskan hal - hal yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan Tugas 3 dari kelas MPPL A.
Statement of Work dari Aplikasi Mokapos
==================Bagian atas dari SOW===================
Latar Belakang
- Cara konvensional sudah tidak praktis maupun relevan
- Cara konvensional membutuhkan biaya operasional yang tinggi
- Mencatat penjualan secara konvensional minim fitur
- Cara konvensional tidak memungkinkan untuk memantau penjualan dari mana saja
- Minim metode pembayaran pada cara konvensional
- Penghitungan manual rawan terhadap kesalahan
- Risiko kehilangan data apabila catatan fisik hilang
- Kesulitan dalam mengatur riwayat transaksi.
- Kesulitan untuk menghitung keuntungan dan kerugian yang dialami hari ini.
- Kesulitan yang meningkat ketika transaksi terjadi dengan ramai sewaktu - waktu.
- Kurangnya support penggunaan mata uang virtual (OVO, Dana, dll).
- Kurangnya support penggunaan kartu debit atau kredit untuk transaksi.
- Penghitungan diskon yang masih manual.
- Kesulitan dalam melakukan track stock barang.
- Penghitungan pajak yang sering terlupakan.
Situasi yang dapat Dimanfaatkan
- Perkembangan teknologi komputasi awan
- Perkembangan teknologi pengembangan aplikasi digital
- Perkembangan internet di Indonesia
- Banyak pengusaha melek dunia digital
- Banyaknya usaha yang memerlukan manajemen cabang secara terintegrasi
- Banyaknya metode pembayaran yang perlu diorganisir
Tujuan
Memudahkan pekerjaan pemilik toko / pengurus administrasi dengan aplikasi kasir yang
menggunakan sistem cloud untuk bisnis kecil-menengah dan ditargetkan berjalan pada iOS
maupun Android.
Scope
Target dari aplikasi ini adalah bagian administrasi toko baik pemilik ataupun karyawan/manager
toko.
Situasi yang dapat Dimanfaatkan
- Perkembangan teknologi komputasi awan
- Perkembangan teknologi pengembangan aplikasi digital
- Perkembangan internet di Indonesia
- Banyak pengusaha melek dunia digital
- Banyaknya usaha yang memerlukan manajemen cabang secara terintegrasi
- Banyaknya metode pembayaran yang perlu diorganisir
Kebutuhan Sistem
Area Kebutuhan
a. Aplikasi memiliki fitur autentikasi
b. Memungkinkan pencatatan beberapa toko dalam satu akun pengguna
c. Aplikasi mampu mencatat metode pembayaran
d. Fitur mengelola cabang toko
e. Pencatatan utang piutang
f. Pengiriman bon melalui e-mail/SMS
g. Memberikan authorisasi kepada karyawan
h. Pengaturan diskon
i. Mencetak menggunakan printer
j. Dukungan terhadap berbagai metode pembayaran
Pencapaian Proyek dan Waktu Penyelesaian
a. Aplikasi memiliki fitur autentikasi
Fitur ini wajib tersedia sebagai metode untuk mengorganisir toko serta menjaga integritas
data sehingga hanya yang berhak saja yang dapat mengakses.
b. Memungkinkan pencatatan beberapa toko dalam satu akun pengguna
Beberapa pengusaha dapat memiliki beberapa toko/cabang yang harus dikontrol sehingga
fitur manajemen beberapa toko akan berguna.
c. Aplikasi mampu mencatat metode pembayaran
Jaman sekarang berbagai metode pembayaran tersedia sehingga pencatatan terhadap
metode yang digunakan akan berguna untuk keperluan seperti pemberian diskon khusus
metode pembayaran tertentu, mengidentifikasi masalah pada pembayaran, dll.
d. Fitur mengelola cabang toko
Cabang yang telah ditambahkan harus sama bisa dikontrol seperti toko utama.
e. Pencatatan utang piutang
Dalam pengelolaan keuangan diperlukan pencatatan utang/piutang untuk mengetahui
cashflow usaha.
f. Pengiriman bon melalui e-mail/SMS
Untuk menunjang kepraktisan dalam mengirim bon, maka fitur ini akan membantu
mewujudkannya.
g. Memberikan authorisasi kepada karyawan
Terkadang pemilik toko akan menyerahkan manajemen toko kepada karyawannya sehingga
karyawan juga harus bisa diberi akses kepada toko.
h. Pengaturan diskon
Untuk menunjang sarana promosi toko, maka diskon juga harus bisa dicatat agar tetap dapat
keep track sejauh mana diskon berpengaruh dalam cashflow.
i. Mencetak menggunakan printer
Dalam toko diperlukan akses ke printer untuk mencetak struk ataupun dokumen lainnya
sehingga aplikasi diperlukan untuk dapat mengakses printer secara langsung.
j. Dukungan terhadap berbagai metode pembayaran
Dukungan ini akan memberikan fleksibilitas bagi pelanggan untuk memilih metode
pembayaran favoritnya.
Kebutuhan Perangkat Keras Sistem
Berikut merupakan kebutuhan perangkat keras yang diperlukan untuk penyelesaian project.
a. Server
Server dibutuhkan untuk mengolah data yang ada, merespon permintaan klien, dan untuk
persistensi data. Server harus bersifat scalable sehingga ketika MOKAPOS berkembang pesat
layanan tidak menjadi lambat.
b. Perangkat NFC
Perangkat ini dapat memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran menggunakan
uang digital.
c. Perangkat pembaca kartu debit/kredit
Untuk mendukung penggunaan pembayaran non-tunai selain uang digital, diperlukan juga
pembaca kartu kredit atau debit.
Keamanan Sistem
Berikut merupakan penjelasan keamanan sistem yang digunakan pada project.
- Sistem mampu menghandle serangan DDoS yang mengancam uptime dari layanan MOKAPOS
- Sistem harus aman dari serangan basic seperti Cross-site scripting, SQL Injection, dll.
- Tidak boleh ada pihak tidak berwenang yang dapat mengintip data yang dikirim dari klien ke server (Man-in-the-Middle attack). Diperlukan keamanan seperti SSL untuk menunjang keamanan ini.
- Risiko kebocoran data harus diminimalisir sebaik mungkin karena mungkin saja data yang ada bersifat confidential.
Stakeholder yang Terlibat
Berikut merupakan daftar stakeholder yang berperan dan terlibat dalam pengerjaan project.
- Pengembang perangkat lunak
- Pemilik MOKA POS
- Pemilik usaha
Alur Pengembangan Sistem
a. Identifikasi masalah
Tahapan ini akan difokuskan untuk menganalisis seluruh masalah yang ingin diselesaikan
dengan menerima masukan dari stakeholder yang terlibat.
b. Perencanaan
Pada tahap ini, engineer akan merencanakan solusi yang akan digunakan untuk
menyelesaikan masalah termasuk aspek biaya dan skenario-skenario.
c. Rancangan
Pada tahap ini, tim akan merancang dan menyusun spesifikasi dari aplikasi termasuk model
dan proses bisnis yang akan dilakukan pada aplikasi, interaksi antar komponen, dan lain-lain.
d. Pengembangan Sistem
Tahap pengembangan akan melibatkan proses coding atau pembuatan program dari desain
yang telah disusun pada tahap sebelumnya.
e. Pengujian
Pengujian akan dilakukan dengan menguji komponen terkecil dari program menggunakan
unit testing serta menguji komponen-komponennya setelah diintegrasikan satu sama lain
dengan integrated testing yang akan dilakukan dengan otomatis menggunakan testcase
yang telah dibuat maupun diuji secara manual.
f. Pemeliharaan
Setelah aplikasi berjalan, maka tetap diperlukan pemeliharaan untuk menghindari masalah
yang muncul.
Pendekatan yang Dilakukan
Metode Pengembangan
Metode yang akan digunakan adalah agile development sehingga aplikasi dapat berkembang
mengikuti kebutuhan dan dapat beradaptasi dengan cepat.
Komposisi Tim
Berikut merupakan komposisi tim yang akan dilaksanan untuk pengerjaan project.
- Project Manager sekaligus System Analyst yang bertanggungjawab untuk mengawasi jalannya proyek, berkomunikasi dengan klien, dan menganalisis sistem.
- Technical Architect yang bertanggungjawab dalam pemilihan teknologi, infrastruktur, mengulas kode, dll.
- Programmer yang bertanggung jawab dalam pengerjaan kode untuk menyusun program sesuai desain.
Keuangan
Berikut merupakan dana dan keuangan yang dibutuhkan untuk penyelesaian project.
Biaya Identifikasi Kebutuhan
Rp 1.500.000,00
Biaya Fitur Authentikasi
Rp 1.000.000,00
Biaya Fitur Diskon
Rp 2.000.000,00
Biaya Fitur Monitoring
Rp 5.000.000,00
Biaya Fitur Peminjaman dan Hutang
Rp 4.000.000,00
Biaya Fitur Manajemen Karyawan
Rp 3.000.000,00
Biaya Fitur Manajemen Pelanggan
Rp 3.000.000,00
Biaya Fitur Manajemen Meja
Rp 3.500.000,00
Biaya Fitur Manajemen Barang dan Product
Rp 4.500.000,00
Biaya Fitur Pencetakan Bukti Pembayaran
Rp 2.000.000,00
Biaya Dokumentasi
Rp 1.500.000,00
Biaya Desain Antarmuka
Rp 6.000.000,00
Biaya Fitur Gateway Pembayaran Digital
Rp 4.500.000,00
Biaya Operasional Website
Rp 8.000.000,00
Biaya Pembelian Server untuk Data Center
Rp 11.000.000,00
Total Biaya Pengeluaran Project
- Rp 60.500.000,00
Kriteria Selesai
Project dapat dikatakan selesai dan siap diluncurkan jika kriteria - kriteria berikut telah tercapai.
- Aplikasi minim bug dan tidak ada bug major.
- Menu - menu yang ada bisa dibuka dan dioperasikan seluruhnya.
- Kecepatan komputasi yang tidak lambat.
- Dokumentasi cara penggunaan aplikasi selesai dibuat.
- Mendukungnya layanan pembayaran digital.
- Selesainya fitur monitoring data transaksi dan yang lainnya.
- Selesainya fitur catat mencatatat hutang dan pinjaman.
Asumsi
Dengan penyelesaian project ini, diharapkan asumsi - asumsi berikut dapat tercapai.
- Peningkatan proses transaksi yang lebih cepat.
- Aplikasi yang optimis dapat melakukan penghitungan yang sangat cepat.
- User Interface yang friendly dan mudah digunakan untuk segala kalangan.
- Produktifitas toko - toko meningkat.
Risiko
Berikut merupakan resiko - resiko yang penting untuk diwaspadai saat berlangsungnya project.
- Agile development tidak cocok apabila dikerjakan oleh tim yang tidak memiliki komitmen untuk menyelesaikan proyek bersama – sama.
- Metode Agile ini kurang tepat apabila dikerjakan dengan jumlah skala tim yang besar (>20 orang). - Tim pengembang harus selalu bersiap karena perubahan dapat terjadi sewaktu – waktu
Penanggung Jawab
Yang bertanda tangan dibawah ini bersedia untuk bertanggung jawab sepenuhnya terhadap segala ketentuan yang ada pada dokumen ini dan seluruh konten.
Pengguna,
____________________
Manager Project
____________________
==================Bagian bawah dari SOW===================
Penutup
Demikianlah pengerjaan tugas dari kami. Semoga kami mendapatkan manfaat dari tugas yang telah diberikan dan manfaat untuk kalian semua yang membaca. Terima kasih.
Nama : Zydhan Linnar Putra
NRP : 05111940000118
Kelas : MPPL A 2021
Nama : Ahmad Syafiq Aqil Wafi
NRP : 05111940000089
Kelas : MPPL A 2021
Komentar
Posting Komentar